Sabtu, 22 Oktober 2011

Windows API

Windows API (Aplication Programming Interface)
Merupakan sekumpulan fungsi-fungsi ekternal yang terdapat dalam file-file perpustakaan Windows (Library Windows) atau library lainnya yang dapat digunakan oleh programmer.

Fungsi ini dapat menangani semua yang berhubungan dengan Windows, kotak dialog (buka file, simpan file, memilih font, memilih warna, dan lain-lain), Windows shell, setting sistem operasi, penanganan file, mengakses sistem registry, memainkan musik, dan sebagainya. Fungsi ini menyediakan banyak fitur-fitur stnadar untuk semua program yang berbasis Windows.

DLL (Dynamic Link Library)
Merupakan library Windows berupa kode yang sudah dikompilasi dan dapat digunakan oleh program lain. Bila meletakkan fungsi dan subrutin ke dalam DLL akan membuat fungsi dapat diakses oleh semua program pada saat bersamaan. DLL biasanya ditulis dengan bahasa C/C++, Delphi atau bahasa lainnya yang mendukung sistem operasi Windows.

Dengan pemanggilan fungsi yang terdapat dalam DLL, akses ribuan fungsi yang berhubungan dangan sistem Windows dapat dilakukan.

COM (Componen Object Model)
Merupakan spesifikasi untuk menulis software yang dapat digunakan kembali (reusable). COM merupakan model yang didasarkan pada binary reuse artinya bahwa komponen ini tidak bergantung pada bahasa pemrograman untuk membuatnya. COM memakai sistem object-oriented

DCOM (Distributed COM)
Merupakan suatu teknologi baru karena teknologi ini banyak dipakai dalam sistem distribusi pada sistem jaringan TCP/IP, Protokol yang digunakan oleh DCOM dapat meliputi:
- Protokol TCP/IP
- Protokol UDP/IP
- Protokol HTTP
- Protokol RPC
Seiring dengan kemajuan di bidang distributed system, protokol untuk distribusi komponen dapat melalui protokol FTP, SMTP,POP dan sebagainya.
Secara umum DCOM menerapkan sistem Client-Server sehinggan terdapat istilah DCOM Server dan DCOM Client

COM+
Merupakan hasil pengembangan dari komponen COM dan MTS. COM+ menyediakan servis berbasis enterprise yang didasarkan pada Component Object Model (COM) untuk membangun sistem distribusi.

Keandalan COM+ telah teruji sejak lama sebagai alternatif dalam membangun sistem distibusi dan transaksi


Active X
Activ X Control
Nama resminya adalah OLE Control yang merupakan bagian dari sistem COM karena mengimplementasikan interface Iunknown. Komponen ActiveX Control banyak digunakan pada aplikasi web yang mengenkapsulasi business logic dalam satu komponen.

ActiveX Document
Mirip dengan dokumen pada Microsoft Office, tetapi bukan berarti bahwa ActiveX Dokument merupakan bagian dari Microsoft Office. Teknologi ActiveX Document bukanlah suatu teknologi baru. Jika kita memakai Microsoft Word maka Word Document tidaklah sama dengan Word Application. Word Document berisi dokumen yang sesungguhnya (*.doc), sedangkan Word Application berisi aplikasi yang membuat Word Document (bertipe file *.exe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar