Minggu, 15 Januari 2012

Basis data Oracle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo basis data Oracle
Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).
Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

Edisi

Jenis perangkat keras (platform) yang dipakai sebagai server (host):

PowerPC
PA-RISC, Itanium
Alpha
Alpha, Itanium
POWER
zSeries
x86, x86-64, PowerPC, zSeries, Itanium
x86, x86-64, Itanium
SPARC, x86, x86-64

Pesaing

Pesaing dari perangkat lunak Oracle adalah:
Oracle dan IBM menekankan pada platform menengah seperti UNIX dan Linux, sementara Microsoft cenderung meraih pasar untuk kelas rendah (Microsoft Windows platforms).
Basis data Oracle juga bersaing dengan basis data sumber-terbuka (open-source relational databases), seperti PostgreSQL, Firebird, dan MySQL. Perangkat lunak EnterpriseDB yang berbasis PostgreSQL, belum lama ini mengumumkan fitur yang kompatibel dengan Oracle dengan harga yang sangat wajar dan murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar